Yuk Kenali Risiko Stunting di Keluargamu dan Pencegahannya

20 October 2022

Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar istilah stunting. Stunting  (kerdil) merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis terutama pada 100 Hari Pertama Kehidupan (HPK).  Kondisi ini tidak hanya dialami oleh anak dari keluarga dengan penghasilan yang rendah saja, namun anak dari  keluarga yang mapan pun dapat memiliki risiko stunting.

Penurunan prevalensi (angka kejadian) stunting memang menjadi program prioritas pemerintah saat ini karena dampak jangka panjang yang ditimbulkan,  antara lain tingkat kecerdasan yang lebih rendah, daya tahan tubuh yang rendah, serta rentannya terkena penyakit saat dewasa.

Beberapa  pintu menuju stunting :

  1. Saat ibu hamil. Risiko stunting lebih besar pada ibu yang mengalami anemia, kurang energi kronis, lingkar lengan kecil.
  2. Saat kelahiran ibu tidak mendapatkan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), tidak paham perlekatan sehingga terdapat masalah dalam menyusui.
  3. ASI Eksklusif yang gagal karena pemberian sufor dan kurangnya literasi
  4. MPASI yan tidak adekuat
  5. Anak yang sering sakit, tertular batuk pilek, imunisasi yang tidak lengkap

Stunting dapat dicegah dari mana? Apakah bisa dimulai dari  fase remaja?  Tentu saja. Banyak kasus stunting dapat dimulai dari fase remaja. Remaja  berisiko  mengalami anemia karena kurang gizi akibat pola diet yang salah, pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi junk food , kurangnya pengetahuan, faktor ekonomi, dan pernikahan dini yang menyebabkan ketidasiapan dalam menjalani peran sebagai orang tua.

Deteksi dini anemia pada remaja merupakan langkah awal yang baik untuk pencegahan stunting. Selain itu, stunting dapat dicegah juga melalui literasi, edukasi, kecukupan gizi, imunisasi,  perbaikan sanitasi, dan perencanaan ekonomi. Yuk kenali risiko stunting di keluarga, tutup 5 pintu masuk Stunting dengan membuka 5 pintu keluarnya.

Sumber : BKKBN, dr Tan Shot Yen

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp